Bencana Alam Pengaruhi Harga Rempah di Pekanbaru

3 Nov

Pekanbaru (ANTARA)- Pedagang rempah di Pekanbaru mengakui bencana di berbagai wilayah Indonesia seperti Wasior di Papua, Banjir di Jakarta dan Bandung ,gempa dan tsunami di Mentawai , anomali cuaca , mempengaruhi harga rempah di Pekanbaru.

“Hampir setiap pekan harga rempah mengalami kenaikan, hal ini di pengaruhi perkembangan produksi rempah setiap pekannya selalu tergangu ,”ungkap Maryanto,pedagang di pasar Senapelan, Rabu di Pekanbaru.

Menurut Dia , bencana yang bertubi-tubi telah mempengaruhi pasar rempah dalam negeri.

Karena rata-rata wilayah gempa adalah wilayah yang menghasilkan rempah ,misalkan Jawa, adalah penghasil kemiri, akibat banjir yang terjadi saat ini produksi kemiri asal jawa juga berkurang.

Selain itu ,kulit manis dan cengkeh , juga dihasilkan oleh Indonesia bagian timur ,dan Sumbar ,pasca gempa dan tanah longsor juga mengganggu hasil pertanian rempah.

“Bencana yang terjadi telah membuat tanaman petani rusak, disamping juga petani tidak lagi dapat melakukan aktifitasnya ,hal ini berdampak pada produksi rempah jangka panjang yang berakibat pada harga rempah,”urainya.

Minto,pedagang rempah lainnya di pasar Rumbai juga mengakui, rata-rata rempah yang masuk ke pasar Pekanbaru didatangkan dari Sumatra Barat.Meski tidak jarang juga didatangkan dari daerah lainnya seperti Jawa,Medan dan luar negeri seperti Thailand dan China.

“Akibat bencana saat ini kenaikan harga rempah setiap pekannya terjadi berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 per kilogram,”terangnya.

Selain akibat bencana ,anomali cuaca yang kadang panas dan kadang hujan juga sangat berpengaruh terhadap produksi rempah.Angin kencang dan hujan membuat bunga rempah rusak ,sehingga buah yang dihasilkan berkurang .

“Selain buah yang berkurang ,proses pengeringan rempah juga menjadi sulit akibat seringnya turun hujan di beberapa wilayah penghasil,”jelasnya.

Dia juga menambahkan untuk pasokan rempah saat ini meski tidak langka ,akan tetapi sedikit berkurang dibandingkan dengan waktu sebelumnya.

source : http://id.news.yahoo.com/antr/20101103/tpl-bencana-alam-pengaruhi-harga-rempah-cc08abe.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: