November, Penerimaan CPNS

29 Oct

Laporan Adrian Eko, Pekanbaru adrianeko@riaupos.com
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen-PAN) memberikan instruksi kepada seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk melaksanakan tahapan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2010.

Bahkan Kemen-PAN men-deadline agar November tahapan sudah mulai dilaksanakan. Terkait hal tersebut, BKD Riau segera bahas rekrutmen CPNS formasi 2010 bersama dengan seluruh BKD kabupaten/kota se-Riau.

‘’Dalam waktu dekat ini, Kemen-PAN juga sudah menyatakan November harus dilaksanakan, tentu akan kita laksanakan. Yang jelas saat ini seluruh administrasi sudah kita tuntaskan, baik formasi maupun keperluan setiap Satker dan disiplin ilmu. Insya Allah pertengahan November nanti sudah bisa kita lakukan tahapan,’’ terang Kepala BKD Riau, Said Saqlul Amri kepada Riau Pos Kamis (28/10) di Pekanbaru.

Menurut Saqlul, pada dasarnya BKD Riau sudah siap melaksanakan tahapan rekrutmen CPNS yang dibuka untuk honorer yang sudah masuk data base maupun jalur umum.

Hanya saja, karena ada sedikit perbaikan dalam data yang saat ini sudah tuntas dilakukan BKD hal tersebut dinyatakan diundur. Namun pengunduran tersebut ternyata bukan hanya terjadi di Riau, namun seluruh daerah yang melaksanakan rekruitmen dan mendapatkan kuota CPNS.

Sementara itu, terkait soal ujian yang akan digunakan saat pelaksanaan rekrutmen nantinya, Saqlul mengaku sudah mengandeng tim dari Universitas Indonesia untuk mempersiapkan soal ujiannya.

Tim UI ini adalah tim yang independen yang akan memasok soal bahkan yang akan memeriksa hasil ujian tertulis November akan datang. Menurut Saqlul, pada awalnya ada dua tim yang menawarkan diri menjadi tim independen dalam penerimaan CPNS Riau 2010 ini, yaitu UI dan Universitas Pajajaran (Unpad). Karena UI memiliki pengalaman di Riau maka BKD memilih UI. Terkait bentuk soal Saqlul belum bisa menyampaikannya.

‘’Soal sudah ada yang akan membuatnya, tim independen dari UI. Jadi tidak ada masalah lagi dengan soal. Nanti setelah ujian UI juga yang akan memeriksa, tetap diawai oleh tim dari Kemen-PAN, jadi betul-betul transparan. Setelah dapat hasilnya baru kita yang akan mengumumkan siapa-siapa yang lolos. Tentu saja kita harus bahas ini semua dengan BKD kabupaten/kota lain,’’ ujarnya.(rnl)

source : riaupos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: